Babak Baru Petani Kopi di Bener Meriah, Lelang Kopi di Kebun Kopi

“Pada hari ini Bener Meriah akan memulai babak baru berupa, lelang kopi di kebun kopi,” Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga
kopi gayo
Babak baru di Bener Meriah lelang kopi di kebun kopi dicanangkan Bupati Bener Meriah Haili Yoga. Selasa 30/8/2022) gayosatu.com/humas

GAYOSATU.COM [ BENER MERIAH –  Patani kopi di Kabupaten Bener Meriah memulai babak baru, petani akan melelang hasil tanaman kopi berupa buah kopi, langsung di kebun kopi sehingga harga jual lebih tinggi dan penampung mendapat kopi yang baik dari petani.

Pola pembelian kopi langsung di ladang kopi ini mulai diberlakukan Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga sejak Selasa, 30 Agustus 2022 di sela-sela pelaksanaan pembukaan lelang non eksekusi sukarela UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya para pelaku kopi Arabika Gayo Kabupaten Bener Meriah.

“Pada hari ini Bener Meriah akan memulai babak baru berupa, lelang kopi di kebun kopi,” ujar Pj Bupati Bener Meriah Drs Haili Yoga, MSi sekaligus meresmikan Kabupaten Bener Meriah sebagai Kabupaten Binaan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kantor Wilayah Aceh . di Kampung Uring Kecamatan Bukit.

Baca : Aceh Tengah Luncurkan Aplikasi Si Agen Kopi, Ini Fungsinya

Kabupaten Bener Meriah merupakan merupakan satu-satunya yang menjadi binaan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kantor Wilayah Aceh di Aceh. Hal ini tidak lepas dari kabupaten di dataran tinggi Aceh ini, merupakan salah satu produsen penghasil kopi arabika terbaik di dunia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DJKN Kanwil Aceh, Syukriah HG didampingi KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh dan Lhokseumawe Bono Yudianto

Bener Meriah
Pj Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si memyerahkan bantuan rumah jemur di Bener Meriah, Selasa. (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)

“Apa yang kita dicanangkan hari ini, ini secara langsung dapat dipastikan, akan dapat dan mampu merangsang dalam mempercepat pertumbuhan UMKM di Kabupaten Bener Meriah, yang beberapa tahun terakhir terpuruk akibat pandemi COVID-19,” ujar Pj Bupati Bener Meriah lagi

Lanjut Haili, dengan dicanangkannya Kabupaten Bener Meriah sebagai Kabupaten Binaan DJKN, ini adalah yang pertama di Provinsi Aceh dan mungkin juga di Indonesia. Tentunya kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah dengan Kanwil DJKN Aceh ini akan menjadi lokomotif bangkitnya UMKM di Bener Meriah

Baca : BREAKING NEWS: Sejumlah Anak di Aceh Tengah Digigit Anjing Liar

Pj Bupati Bener Meriah juga menekankan, dengan kolaborasi ini, antara pemerintah pusat, Pemprov Aceh, DJKN pusat melalui DJKN Kantor Wilayah Aceh dan Pemkab Bener Meriah akan memudahkan program-program pemerintah daerah untuk diwujudkan.

Dijelaskan, pada 28 – 29 Juni 2022 yang lalu Pemkab Bener Meriah dengan mitranya DJKN Kanwil Aceh menyelenggarakan Coaching Program For New Exportir (CPNE) sekaligus peninjauan lokasi desa devisa bersama salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu, yaitu lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LEPEI) atau Indonesia Eximbank, ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM di Bener Meriah.

“Kami dari Pemerintah daerah juga berharap DJKN Kanwil Aceh semoga terus mengembangkan berbagai program – programnya  di Kabupaten Bener Meriah secara berkelanjutan, disamping mempercepat pertumbuh dan perkembangan UMKN kedepanya juga menyasar untuk sektor – sektor lainnya sesuai dengan hak dan kewenangan yang di miliki oleh DJKN,” harap Drs Haili Yoga, M.Si.

Dihadapan  Syukriah HG, Pj Bupati Bener Meriah kembali menyampaikan, kedepan apa yang disebut dengan “Desa Devisa” yang telah ditinjau secara langsung beberapa bulan lalu, kita harapkan akan membawa perubahan besar dalam upaya mencapai kemakmuran masyarakat di negeri penghasil kopi ini.

Baca : Bener Meriah Satu-satunya Kabupaten Dampingan DJKN di Indonesia

“Kami yakin dengan dukungan Dirut DJKN, Kemenkeu RI, Pemerintah Aceh, Kanwil DJKN Aceh, Kepala RO BSI Aceh serta KPKNL Banda Aceh dan Lhokseumawe, kami sangat berkeyakinan Kabupaten Bener Meriah akan lebih baik untuk menuju Aceh Hebat,” demikian Pj Bupati Bener Meriah (*)