Ini Upaya Kemeneg Aceh Tengah Lindungi Tanah Wakaf

tanah wakaf
Kantor Kemenag Aceh Tengah

GAYOSATU.COM [ ACEH TENGAH –  Guna melindungi tanah wakaf Kantor Kementerian Agama (Kenkemenag) Aceh Tengah mendatangani MoU dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Kantor Pertanahan Aceh Tengah d dalam rangka mempercepat sertifikasi tanah wakaf, Selasa 30 Agustus 2022.

Saat ini banyak tanah wakaf yang belum dilakukan sertifikasi, ada sekitar 287 persil yang belum disertifikat dari 979 persil tanah wakah yang ada di Aceh Tengah.  

Kakan Kemenag Aceh Tengah, Saidi B mengatakan  penandatangan MoU ini sebagai langkah Kemenag Aceh Tengah melindungi tanah wakaf dan mempercepat sertifikat tanah wakaf.

Baca : Aceh Tengah Panen Tomat, Harga Di Pasar Turun

“Kerjasama ini dalam hal percepatan penyertifikatan tanah wakaf di Kabupaten Aceh Tengah,” ujar Saidi.

tanah wakaf
Kantor Kemenag Aceh Tengah

Nantinya Kantor Pertanahan Aceh Tengah akan mempercepat proses penyertifikatan tanah wakaf, sementara biaya akan ditanggung Baitul Mal Aceh Tengah.

Menurut Saidi, di Aceh Tengah saat ini masih banyak tanah wakaf yang belum ada sertifikatnya. Dirincikan, ada 979 persil tanah wakaf di Aceh Tengah dari jumlah tersebut sekitar 692 sudah dilakukan sertifikat dan sisanya 287 yang belum memiliki sertifikat.

Baca : 428 Kosakata Bahasa Aceh Diusulkan Masuk Kamus Bahasa Indonesia

“Untuk itu, dari kerjasama dua instansi dinilai masih kurang untuk mempercepat penyertifikatan tanah wakaf. Hari ini kita satukan persepsi, maka kerjasama 4 instansi ini kita laksanakan,” demikian Kakan Kemenag Aceh Tengah, Saidi B (*)