428 Kosakata Bahasa Aceh Diusulkan Masuk Kamus Bahasa Indonesia

kosakata bahasa aceh
Kantor Balai Bahasa Provinsi Aceh

GAYOSATU.COM [ BANDA ACEH – Sebanyak 428 kosakata bahasa daerah Aceh disusulkan Balai Bahasa Provinsi Aceh masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pengusulan bahasa daerah masuk KBBI agar dapat di indonesiakan  sehingga menghindari penyerapan kata bahasa asing.

Awalnya Aceh mengusulkan 1.100 kosakata bahasa daerah Aceh  agar masuk dalam KKBI namun setelah dilakukan verifikasi hanya 428 kosakata Bahasa Aceh yang berpotensi diterima sedangkan 717 kosakata tidak diterima, dan 45 kosakata tambahan.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh, Karyono kepada antara .com, Selasa (30/8/2022) mengatakan pengusulan kosakata bahasa daerah untuk masuk dalam KBBI merupakan upaya menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Baca : Polres Aceh Tenggara Gelar Operasi Bina Waspada, Ini Tujuannya

“Kita berupaya agar kosakata yang ada di dalam KBBI ini bisa bertambah sumbernya dari bahasa daerah, kemudian diserap atau di Indonesiakan untuk menghindari penyerapan kata dari bahasa asing,” ujar Karyono

Analis Kata dan Istilah Balai Bahasa Aceh, Istika, menambahkan awalnya Balai Bahasa mengajukan 1.100 kosakata bahasa daerah Aceh dan 45 kosakata yang bertambah sewaktu dilaksanakannya Sidang Komisi Bahasa Daerah (SKBD) yang bertujuan memverifikasi kosakata bahasa daerah Aceh yang akan diusulkan untuk masuk ke KBBI.

Ia mengatakan yang diterima untuk masuk ke KBBI ada 428 kosakata yang berpotensi dan 717 kosakata yang tidak diterima, dan 45 kosakata tambahan.

Ia menjelaskan kosakata bahasa daerah yang dapat diterima KBBI adalah kosakata yang kata tersebut enak di dengar dan belum ada referen dalam bahasa lain.

kosakata bahasa aceh
Kantor Balai Bahasa Provinsi Aceh

Baca : Polres Aceh Tenggara Gelar Operasi Bina Waspada, Ini Tujuannya

“Kebetulan budaya di Aceh tidak ada dengan budaya di luar yang itu sama, khususnya dalam hal bentuk dan ragam yang sama. Jadi, kemungkinan itu bisa masuk,” katanya.

Target 1000 Kosakata

Ia juga menjelaskan bahwa tiap tahunnya, Balai Bahasa Provinsi Aceh menargetkan seribu kosakata bahasa daerah Aceh untuk diusulkan ke KBBI.

Untuk tahun ini, Balai Bahasa telah mendata 1.145 kosakata bahasa daerah Aceh yang juga dimasukkan untuk menyusun Kamus Bahasa Daerah khusus bidang budaya dari lokus bahasa, yaitu Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, dan Bireuen.

Kosakata bidang budaya yang didata merupakan kosakata yang memuat istilah dari mulai lahir sampai meninggal dan pranata sosial yang ada di lingkungannya.

Ia menambahkan Kamus Bahasa Daerah tersebut akan diluncurkan pada Oktober mendatang