Aceh Tengah Juarai Pacuan Kuda Tradisional

Event pacuan kuda tradisional Gayo di Lapangan H Muhammad Hasan Gayo Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (28/8/2022) ditutup.
Pacuan Kuda
Aceh Tengah keluar sebagai juara umum perlombaan pacuan kuda tradisional di Gayo Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Dok/Net

GAYOSATU.COM | TAKENGON – Event pacuan kuda tradisional Gayo di Lapangan H Muhammad Hasan Gayo Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (28/8/2022) ditutup Bupati Shable Abubakar.

Kegiatan itu rangkaianmemeriahkan HUT Ke 77 RI diselenggarakan selama sepekan 22-28 Agustus 2022.

Adapun lomba diikuti dengan 246 ekor Kuda yang mendaftar dan akhirnya meloloskan 78 ekor ke babak final, yang selanjutnya berhak memperebutkan total hadiah sebesar Rp 287 juta.

Setelah berpacu di arena lapangan HM Hasan Gayo Belang Bebangka, akhirnya event pacuan kuda yang dipadati puluhan ribu penonton baik masyarakat lokal bahkan dari luar, menjadikan Kabupaten Aceh Tengah sebagai juara umum.

Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar menyampaikan mengapresiasi seluruh pihak yang sudah mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut.

“Sebagai Daerah yang memiliki tradisi pacuan kuda, kiranya kita harus terus berbenah agar kuda-kuda kita dapat bertanding dan bersaing dengan kuda-kuda dari luar.

Pacuan kuda akan terus kita semarakkan dengan melibatkan lebih banyak daerah yang memiliki kuda untuk turut ikut berpartisipasi,” jelas Bupati Shabela.

Dengan banyaknya daerah di Aceh maupun dari luar Aceh yang berpartisipasi pada kegiatan ini, kata Shabela, diharapkan pacuan kuda tradisional Gayo, masuk dalam agenda olahraga dan pariwisata tingkat Aceh bahkan hingga tingkat nasional.

Bupati Shabela kembali menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pada kabupaten dan kota yang turut serta ambil bagian dalam event tersebut. (*)